Jakarta – Juru bicara bidang penindakan KPK Ali Fikri menyebut pihaknya tengah memanggil 15 tersangka kasus dugaan pungutan liar (pungli) di rumah tahanan (rutan) KPK, hari ini, Jumat (15/3/2024).

Jumlah tersangka itu bertambah dari sebelumnya yang hanya 10 orang. “Mereka diminta hadir sebagai tersangka pada hari ini, 15 Maret 2024, di Gedung Merah Putih KPK, dan surat panggilan sudah dikirimkan beberapa hari lalu,” ucap Ali Fikri.

Salah satu tersangka dalam kasus pungli di Rutan KPK adalah aparatur sipil negara (ASN) Pemda DKI Jakarta bernama Hengki. Ia sebelumnya merupakan pegawai KPK.

”SPACEIKLAN”

Hengki merupakan sosok yang membuat skema pungli di rutan. KPK tetap mengusut perbuatannya meski sudah tidak lagi bekerja di rutan yang dikelolanya.

Sebanyak 78 pegawai KPK sudah divonis bersalah secara etik karena menerima pungli di rutan. Mereka dihukum melakukan permintaan maaf secara terbuka. Hukuman etik itu belum final. KPK kini tengah mengusut pelanggaran disiplin kepada seluruh pegawainya yang terseret skandal pungli di rutan.