Jakarta – Partai Nasdem sebagai salah satu partai politik (parpol) pengusung Anies di Pilpres 2024 menyatakan isu bakal berpotensi Anies Baswedan kembali maju di bursa pemilihan gubernur (Pilgub) Jakarta, masih menunggu pengumuman pemenang Pilpres 2024.

Sekjen Partai NasDem Hermawi Taslim menegaskan bahwa 01 (partai Koalisi Perubahan) bersama Anies sedang fokus mencermati rekapitulasi manual KPU untuk memastikan siapa pemenang Pilpres.

Ia pun tak menjelaskan lebih lanjut mengenai kemungkinan Anies maju di Pilgub Jakarta sebagai alternatif jika jagoannya -paslon nomor urut 01 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar ‘AMIN’- tidak menang dalam Pilpres 2024.

”SPACEIKLAN”

“Sabar saja dulu kita masih nunggu hasil Pilpres 2024,” kata dia, Selasa (27/2/2024).

Hermawi tak menjelaskan lebih lanjut mengenai kemungkinan Anies maju di Pilgub DKI sebagai alternatif jika jagoannya -paslon nomor urut 01 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar ‘AMIN’- tidak menang dalam Pilpres 2024.

Nama Anies memang belakangan santer diisukan bisa maju di kontestasi Pilgub DKI. Hal itu menyusul perolehan suara sementara paslon 01 AMIN yang berada di posisi tanggung, alias tidak unggul dibandingkan paslon 02 Prabowo-Gibran.

Pengamat politik, Arifki Chaniago sebelumnya menyampaikan, Anies Baswedan berpotensi maju kembali sebagai calon gubernur (cagub) dalam Pilgub Jakarta 2024. Sebab, Anies masih memiliki popularitas.

Anies juga disebut masih memiliki jatah untuk maju. Jatah yang dimaksud adalah Anies baru satu periode menjadi gubernur DKI Jakarta (2017–2022), sehingga bisa menjabat satu periode lagi.

Anies menyelesaikan masa jabatannya sebagai Gubernur DKI Jakarta pada Oktober 2022, dan diganti oleh Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono yang dipilih oleh Presiden RI Joko Widodo, merangkap sebagai Kasetpres.

Setelah menyelesaikan masa jabatan gubernur, Anies diusung oleh PKS, Nasdem, dan PKB menjadi capres Pilpres 2024. Namun, Anies kalah dalam pertarungan memperebutkan kursi RI 1, berdasarkan hasil hitung cepat dan real count sementara.