Maros – Lembaga survei Archi Research and Strategic merilis elektabilitas para calon yang akan maju pada Pilkada Kabupaten Maros, Provinsi Sulawesi Selatan. Dalam rilisnya Bupati petahana Chaidir Syam memimpin survei elektabilitas dengan 40,54%, meninggalkan pesaingnya jauh di belakang.

Semantara Wakil Bupati Maros, Suhartina Bohari, berada di posisi kedua dengan 14,76%, diikuti oleh Andi Ilham Najamuddin di posisi ketiga dengan 9,09%.

Mantan ketua Demokrat Maros, Amirullah Nur Saenong, menempati posisi keempat dengan 5,43%, disusul oleh Nurhasan (4,54%), Harmil Mattotorang (3,43%), dan Wakil Ketua DPRD Sulsel, Muzayyin Arief (3,14%). Sebanyak 14,74% responden belum menentukan pilihan, sementara 4,33% memilih golput.

”SPACEIKLAN”

Survei ini dirilis oleh lembaga survei Archi Research and Strategic, dengan 400 responden pada tahap pertama yang berasal dari 8 daerah dengan populasi terbanyak di Sulsel.

CEO lembaga survei Archi Research and Strategic, Mukhradis Hadi Kusuma, mengungkapkan bahwa Chaidir Syam berpotensi melawan kotak kosong, karena namanya lebih populer daripada calon lainnya.

“Riset 8 tempat dulu, karena populasinya itu paling besar di Sulsel,” kata Mukhradis kepada wartawan, Senin (11/3/2024).

Mukhradis juga memprediksi hanya akan ada dua calon dalam Pilkada Maros mendatang, baik itu Chaidir Syam dan wakilnya melawan kotak kosong atau calon lainnya.